Posted by: lidyaoctarina | August 4, 2010

Tips n Trik Belanja Online

Ini ada sedikit sharing dari saya untuk membantu teman-teman yang ingin belanja online. Kebetulan saat ini saya sedang ingin membeli handphone secara online 😀

  1. Ini yang paling penting. . Tentukan dulu budget yang dimiliki, kisarannya berapa uang yang akan dikeluarkan untuk membeli. Angka ini hanya sebagai pegangan, daripada nanti pada saat memilih tergiur  dan lupa diri hehe..
  2. Karena yang ingin saya beli adalah handphone. Saya list satu per satu spesifikasi dari handphone yang ingin saya miliki , misalnya ada auto focus camera, touch screen, personal organizer, atau memank hanya membeli untuk dipakai telepon saja. Tapi ingat saat men-list kan, lihat kembali ke nomor 1, budget, jangan sampai budgetnya rendah, tapi spesifikasi yang dikehendaki juga terlampau banyak 😀
  3. Kemudian kita masuk deh ke Bhinneka. Disini adalah web yang menjual barang-barang elektronik, mulai dari handphone, computer, software dan lain-lain. Menurut saya, termasuk lengkap.
  4. Di bhinneka, kamu bisa melihat2 jenis-jenis barang elektronik yang ingin dibeli, disini sudah tertera harga, spesifikasi dan review dari barang yang dijual. Jadi tinggal dipilih saja yang sesuai.
  5. Tapi karena pada saat memilih, saya merasa reviewnya masih kurang lengkap, saya mencari review dari web lain seperti GsmArena. Menurut saya, disini banyak opini dari para pemakai HP,, jadi bisa dipakai sebagai masukan juga. Untuk review harga, lebih baik dibandingkan dahulu dengan website lain atau dengan website resmi, misal kalau saya ingin membeli  HP merk NOKIA, saya akan menuju ke website resmi NOKIA Indonesia, dan mencek harga ponsel yang diinginkan.
  6. Masih bingung dan pusink karena memiliki pilihan lebih dari satu? Di bagian tengah , ada tombol “compare”, jadi kamu bisa membandingkan pilihan-pilihan kamu tersebut dan dicari yang paling sesuai.
  7. Jika sudah yakin dengan tipe yang dipilih berdasarkan pertimbangan yang sudah dibuat, bisa meng-klik tombol “beli” yang tersedia di bagian kanan tiap produk yang ada. Setelah itu, kamu akan masuk ke bagian shopping cart. Jika meng-klik “next step”, maka akan ditampilkan data pengiriman, pembayaran, jika berhasil akan ditampilkan konfirmasi. Untuk pembayaran, bisa melalui klikBCA, atau tranfer ke rekening Bhinneka milik Bank Mandiri, BCA, dan BNI.

Dengan belanja online, banyak sekali keuntungan yang bisa didapat oleh kita, seperti pencarian informasi produk yang lebih lengkap, lebih santai dan teliti dalam memilih, barang diantar langsung ke tempat jadi ga perlu cape-cape buat keliling, mau mencari produk yang diinginkan pun bisa setiap saat, selama memiliki koneksi internet :P.

Ya sekian sharing dari saya.. cukup mudah bukan ? Selamat mencoba yah.. =)

Leave a Reply

Categories

