Posted by: lidyaoctarina | August 18, 2010

Find news based on your location within a minute

Seperti yang kita ketahui sekarang ini banyak sekali smartphone yang telah dirilis seperti iPhone, BlackBerry, dsbnya dan Operating System yang dipakai pada smartphone juga beragam seperti Android, BlackBerry OS, Symbian OS.

Aplikasi yang disediakan pada smartphone juga banyak jenisnya mulai dari yang harus dibayar sampai dengan yang gratis. Pelayanan yang didapatkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut membuat hidup manusia lebih efisien dalam aktivitas sehari-hari.

Salah satu aplikasi yang dapat dilihat melalui smartphone adalah Google Earth. Saya paling suka melihat Google Earth, yang dapat memetakan bumi, seperti pada gambar di bawah ini:

Dari sini, saya berpikiran bagaimana jika ada aplikasi yang dapat menyediakan pelayanan pemberian info berita yang up to date kepada pengguna smartphone. Info yang diberikan berdasarkan range lokasi dimana kita berada. Misalnya saya sedang berada di daerah Tanjung Duren dan dan saya ingin mengetahui berita yang terjadi di daerah sekitar saya. Dari smartphone,saya akan memasukkan range lokasi berita yang saya inginkan , misal 10 km dari lokasi saya berada. Maka akan ditampilkan berita-berita up-to date yang ada disekitar sana dengan cepat. Berita dapat berupa cuaca (banjir, laporan cuaca) , event-event khusus di mall, tawuran, keadaan lalu lintas. Jadi ketika saya berada di dalam gedung, saya masih bisa mengetahui kondisi di daerah sekitar saya. Jadi gak pernah ketinggalan info deh… Berita ditampilkan sesuai dengan range lokasi yang diinput.

Selain itu, user juga dapat mencari lokasi beberapa tempat public sesuai dengan pilihan mereka, seperti rumah sakit, bioskop, restoran dan lain-lain yang berada pada range lokasi yang diinput. User bisa mendapatkan info, lokasi terdekat tempat public yang dipilih oleh user. Kemudian tak lupa, ditampilkan berita mengenai tempat public yang sudah dipilih secara lebih spesific, misalnya adanya event yang diadakan disana, pelayanan di rumah sakit tersebut, dan lain-lain

Leave a Reply

Categories

