Posted by: lidyaoctarina | September 1, 2010

Forever21 dan WetSeal

Lagi isenk-isenk nih browsing di web, pas deh ketemu web-nya Forever 21 dan WetSeal.

Forever 21

Forever 21 sendiri adalah retailer pakaian yang berasal dari Amerika. Pas liat web nya, isinya sangat lengkap, walaupun simple, namun web ini mampu membuat saya berlama-lama melihat isinya, karena tidak rumit dan banyak variasi produk. Web ini menjual pakaian, aksesoris, perhiasan. Ketika membuka web Forever 21, seakan-akan kita bisa melihat 5 buah toko di dalamnya, yang sebenarnya adalah brand Forever 21 yang berbeda yaitu Forever 21, Heritage 1981, HTG 81 KIDS, Twelve by Twelve dan 21MEN. Masing-masing toko memiliki keunikannya sendiri, mulai dari jenis produk dan target market mereka. Contohnya Forever 21 memiliki busana yang chic, dan  contemporary seperti dress, jeans, sweater dengan target market wanita yang berumur sekitar 21 – 25 tahun. Di Heritage lebih banyak menjual busana yang casual, seperti sweater, dress, kaos atau busana yang oldish namun tetep stylish 😉 dengan target market wanita berumur 20-an tahun. Di HTG 81 KIDS, menjual busanan yang beragam bagi anak laki-laki dan perempuan berumur 8 – 12 tahun. Di Twelve by Twelve, busana yang ditawarkan lebih glamour dan tidak biasa seperti yang ditawarkan di brand Forever 21, lebih chic dengan target market wanita berumur berkisar 20 tahun ke atas. Dan di 21 MEN, target market mereka adalah para laki-laki muda dengan busana yang casual seperti outerwear, sweater dan sebagainya. Dari tampilan, di tiap home, ditampilkan satu gambar besar orang yang memakai pakaian mereka. Model yang memakai pakaian adalah target market mereka, jika di 21 MEN model mereka adalah laki-laki muda, di HTG 81 KIDS modelnya adalah anak-anak berumur 8 -12 tahun dan sebagainya. Rata-rata pakaian yang dijual, semuanya ditampilkan bersama dengan model mereka, baik orang atau patung. Selain itu pakaian yang dijual diberikan tampak depan, belakang, samping dan difoto dalam jarak dekat. Di web tersedia pilihan untuk memilih pakaian berdasarkan harga, dan ukuran busana.

WetSeal

WetSeal sendiri adalah retailer yang juga menjual busana bagi para wanita muda. Di dalam web mereka, busana yang ditawarkan juga termasuk lengkap, hanya saja yang berbeda dengan Forever 21 adalah WetSeal hanya memiliki target market para wanita muda, sehingga tidak ada deh baju buat kaum pria dan anak-anak :P. Oleh karena itu, ketika melihat web-nya, pembagian produk berdasarkan jenis busana. Berbeda dengan forever 21 yang membedakan dari target market mereka kemudian baru dipilah berdasar jenis busana. Jenis busana yang mereka tawarkan adalah dress, jacket, sweater. Dan tiap busana, diberikan hanya tampak depan dan tampak belakang produk. Tapi untuk tampilan melihat bahan busana, mereka menyediakan kursor seperti kaca pembesar, dimana kalo kursor diarahkan ke busana, maka bahan busana akan terlihat dengan jelas. Di WetSeal, kamu bisa men-sort busana berdasarkan harga, yang paling disukai atau best-seller, ukuran serta warna. Keunikan lainnya yang dimiliki oleh WetSeal adalah web ini menampilkan harga dari baju yang dijual berdasarkan mata uang Negara yang dipilih. Pada saat saya membuka web ini, web secara otomatis mengeluarkan harga dalam IDR. Jika kamu berminat mengganti mata uang negara, cukup meng-klik “Change Country” dan memilih negaranya.

Jika dibandingkan kedua web tersebut, memiliki kesamaan yaitu sama-sama menjual busana, aksesoris. Jenis produk yang dijual juga ditargetkan untuk konsumen kelas menengah. Sama-sama diberikan akses pencarian produk yang diinginkan. Kedua-duanya memiliki layanan customer service. Para customer yang mengunjungi web dapat membuat account di web sehingga bisa mendapatkan informasi produk yang dikirim melalui web.

Perbedaannya adalah pada Forever 21, memiliki 5 buah brand sedangkan pada WetSeal hanya memiliki 1 brand saja. Pada Forever 21, disediakan web dalam bahasa Korea dan Japan.Selain itu, Forever 21 menyediakan track order, jadi kamu dapat melihat status dari produk sesuai dengan nomor produk yang diinput dan akan dikirimkan ke email kamu yang sudah diregistrasikan, sedangkan di WetSeal tidak tersedia layanannya. Dan untuk busana lebih banyak variasi dari segi pemakai, yaitu ada anak-anak, pria dan wanita dibandingkan dengan WetSeal yang hanya menargetkan konsumen mereka hanya untuk wanita muda. Kelebihan dari WetSeal adalah WetSeal memberikan daftar harga produk dalam satuan mata uang yang berbeda-beda, jadi lebih cepat karena tidak perlu mengkonversi mata uang lain ke rupiah. Sedangkan dari Forever21, sort produk lebih dinamis disbanding dengan WetSeal. Misal, produk yang dicari adalah jeans, pencariannya adalah melalui bahan dan jenis jeansnya, apakah yang fit atau standard jeans.

Ok, sekian ulasan saya, semoga bermanfaat 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: