Posted by: lidyaoctarina | September 22, 2010

Apa dampak bagi retailer ketika menggunakan RFID?

RFID (Radio Frequency Identification) adalah sebuah sarana yang menggunakan frekuensi radio untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Kemungkinan RFID ini bisa menggantikan barcode. Hal ini membuka peluang bagi para retailer di Indonesia untuk mengubah sistem penjualan menggunakan barcode menjadi menggunakan RFID. Disini saya ingin membahas apa saja dampak positip dan negative yang terjadi apabila retailer yang ada di Indonesia mengganti barcode yang biasa digunakan dengan RFID.

RFID

RFID Tag

Dampak positip yang dirasakan oleh retailer adalah:

  1. proses pembayaran menjadi lebih cepat dan efisien, karena barang-barang yang dijual yang telah ditempel RFID dapat langsung terdeteksi setelah melewati sensor. Proses ini termasuk otomatis mengenali jumlah barang yang dibeli dan total harganya. Karena otomatis, dapat mengurangi tenaga kerja di bagian kasir.
  2. Tag RFID sangat mudah dipasang di produk-produk yang dijual. Sehingga mempermudah pengenalan produk yang dibeli oleh customer.
  3. Pegawai toko tidak perlu men-scan satu persatu produk yang dibeli, karena tag RFID dibaca melalui RFID Reader.
  4. Teknologi RFID lebih baik dibandingkan barcode dimana RFID tidak mudah direplikasi. Oleh karena itu, tingkat keamanannya lebih tinggi.
  5. Karena tingkat keamanan RFID yang tinggi, retailer dapat lebih mudah mengontrol penjualan produk-produk mereka terutama menjual produk-produk yang mahal, karena ketika tag RFID dipasang di produk-produk tersebut, alarm akan otomatis berbunyi jika produk diambil dengan tidak legal dari retailer.
  6. Kapasitas penyimpanan RFID yang besar dibandingkan dengan barcode, sehingga mempermudah menyimpan detail produk dengan lebih lengkap.

Sedangkan dampak negative yang dirasakan oleh retailer ketika adalah:

  1. Dari segi biaya, akan menambah biaya yang diperlukan oleh retailer ketika retailer tersebut mengganti sistem dari barcode ke RFID. Karena harga barcode masih lebih murah dibandingkan RFID.
  2. Pembacaan RFID dapat gagal apabila tag RFID dipasang pada produk berbahan metal dan liquid, jadi memungkinkan produk yang dibeli tidak dapat dibaca oleh RFID Reader. Sehingga akan membuat kerugian bagi retailer.
  3. Teknologi RFID masih terus dikembangkan  dan reader RFID di design untuk mengenali hanya beberapa tag RFID dari pabrik tertentu. Oleh karena itu, retailer akan sangat bergantung pada beberapa pabrik tertentu.
  4. Keberadaan tower untuk mobile phone akan menjadi penghalang untuk gelombang radio RFID, hal ini akan menimbulkan masalah bagi para retailer yang ada di Indonesia yang menggunakan RFID.

Sekian pembahasan dari saya, semoga bermanfaat 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: